Orang – orang tertipu. Ketika yang mereka lihat adalah hanya kulit semata. Seakan yang baik kulitnya baik pula dalamnya. Mereka seakan tertipu saat kulitnya buruk dan mereka anggap buruk pula isinya.

 

Bak lukisan topeng. Mereka hanya menggunakan topeng semata. Tak selamanya yang kau anggap baik luarnya, baik pula dalamnya. Dan tak selamanya pula, saat kau melihat kulit yang buruk, buruk pula dalamnya.

 

Apakah kau tak ingat ? saat beberapa Waliyullah berperilaku seperti preman. Preman yang kelak kan masuk kedalam firdaus NYA. Dan apakah kau tak ingat ? ketika ulama besar dijebloskan kedalam panasnya api neraka. Sungguh ini benar terjadi.

 

Kemudian kau akan protes, berdemo kepada sang kuasa ? karena ini tak adil ? preman masuk surga dan ulama masuk neraka ? sungguh nistanya engkau, sungguh lancangnya engkau.

 

Sudahlah, jangan kau mudah menilai orang dengan cepat. Menilai hanya dari kulit semata. Semua yang kau lihat tak selalu seperti yang kau lihat. Dan semua yang kau kira tak selalu seperti yang kau kira.

Facebook Comments