Business Category

All about Business
ABOUT ME

Hi to everyone.
My name is Saefaz Azis!

You can call me Saefaz or Azis. Why Saefaz? cek it dot

Read more
 
AGAMA

AGAMA category

Hanya menuliskan apa-apa yang sudah diajarkan oleh sang Guru

Read more
Agama, Perjalanan Hidup

Salam Rindumu, akan Kusampaikan Dek

Matahari hampir pulang ke peraduannya, Asep membereskan berkas laporan yang berceceran diatas meja kerjanya. Laptop yang ia dapat dari hasil jerih payahnya bekerja selama tiga bulan terakhir, dimasukan kedalam tas yang sudah kumal. Perlahan pria yang selalu mengenakan jaket biru itu langsung keluar kantor setelah taping absen yang menempel di dinding.

Ia bejalan sembari membuka gawainya, membuka aplikasi sosial media yang ia gandrungi, Facebook. Pertama kali muncul di lini masa akun facebooknya, menghentakan pandangan pria berusia dua puluh tiga tahun itu.  Ia membaca dengan lirih “KENDURI CINTA | TUAN RUMAH DIRI SENDIRI | 9 Maret 2018”. Seketika pria berkaca mata itu bergegas membuka aplikasi kalender di gawai cina yang ia miliki. “ah iya ini tanggal Sembilan Maret” batin laki-laki yang sudah menikah muda itu sembari berjalan menuju tempat parkir motor bebek.

Bergegas, pria asli sunda itu kembali ke kontrakan petak di pinggiran kawasan elite, Sentul City. Setiba dirumah tersebut. Sang istri yang sedang hamil muda langsung menyalimi suaminya. “Bunda, hari ini ada Kenduri Cinta, ayah berangkat yah ke TIM” sembari ia mencium tangannya,  Asep izin kepada sang istri yang berusia dua puluh tahun itu. “ iya ayah, sok aja atuh sana berangkat, sudah dua bulan kan ayah absen di Kenduri Cinta” ucap istrinya.

Hanya dua sruput teh hangat manis, lalu Asep pun segera bergegas bersiap untuk berangkat ke Kenduri Cinta.  Ia harus bergegas lebih cepat karena jarak dari rumah ke Taman Ismail Marzuki cukup jauh, dua jam perjalanan menggunakan KRL, Bogor – Jakarta.

Arah jarum jam dinding menunjukan pukul 19:00 WIB. Gerimis manja kota Bogor tak menyurutkan keinginan pria berkumis tipis itu berangkat menuju Taman Ismail Marzuki, berharap besar dapat bertemu dengan Mbah Nun. Sebelum berangkat ia menyalimi istrinya, dan dengan tangan halusnya ia mengusap lembut perut istrinya yang berisi janin empat bulan itu.

Perlahan, ia mendekatkan wajahnya, bak mengecup perut sang istri.  Seraya berbisik, mengajak janin tersebut bercengkrama. “Ayah berangkat ya dek, akan ayah sampaikan salam rindumu kepada Mbah Nun, dan kau akan kupintakan doa kepada nya, semoga kelak kau menjadi anak yang sholeh, dan bermanfaat untuk semua orang seperti Mbah Nun”. Selepas berpamitan, Asep pun meluncur menerobos gerimis menggunakan motor Yamaha bekas tahun 2008 yang ia beli dari jerih payahnya menjadi kuli panggul di pasar.

Bisnis, Ekonomi

Jadi Pilih Mana? Finance atau Marketing?

Semester depan dikampusku merupakan masa-masa penentuan, untuk mengambil kosentrasi penjurusan. Dijurusan Bisnis Manajemen Islam STEI Tazkia, setelah mengalami masa panjang lima semester. Semester enam ini adalah penentuan kosentrasi penjurusan. Kosentrasi  yang tersedia dikampusku dua, Finance dan Marketing.  Mahasiwa  kampusku sering menyebutnya dengan MKI (Manajemen Keuangan Islam), dan MPI (Manajemem Pemasaran Islam).

Namanya juga kosentrasi, otomatis ya porsinya berbeda dari satu dengan yang lainnya. Satu sisi bakal membahas, rasio kesehatan keuangan sebuah perusahaan, apakah perusahan surplus atau deficit. Disisi lain akan membahas strategi-strategi pemasaran yang tepat untuk perusahaan.

Nah dari kedua kosentrasi tersebut, sejauh ini aku masih belum bisa memilihnya. Terdapat beberapa factor yang membuatku sampai saat ini bimbang untuk memilihnya.  Mungkin aku ringkas menjadi dua factor yang sampai saat ini masih dibimbangkan.Read more

Bisnis, Sinau

Menyenggol (lagi) Adsense di Malhikdua. Asal Muasal berseliwerannya Iklan

Menyambung tulisan sebelumnya berjudul Bisnis atau Entrepreneur? Sedikit Nyolek Iklan di Malhikdua. Kali ini saya menceritakan perjalanan awal bisnis di M2Net sekaligus mengevaluasi dan berbagi kepada pembaca agar tidak jatuh di lubang sama.

Setelah mantap memutuskan berbisnis, kami mendapat suntikan awal dari CakNov berupa saldo adsense dan dari Kak Izhak berupa dana cash 5 juta. Saldo Adsense itu statusnya hibah yang mana sempat bikin kami berjingkrak kegirangan karena mengira berdolar-dolar. Padahal..Read more

Bisnis

Bisnis atau Entrepreneur? Sedikit Nyolek Iklan di Malhikdua

Bisnis atau entrepreneur? Apa bedanya sih. Umumnya sama, tapi saat disematkan dalam obrolan warung kopi bernilai beda. Bisnis berkonotasi kejar duit, profit, dll. Sedang entrepreneur terkesan lebih bermartabat, lebih berpendidikan. Bisnis terkadang berkonotasi negatif oleh orang-orang yang tidak suka kita maju, cenderung menjustifikasi pelaku bisnis selalu memperkaya diri, hingga menghalalkan segala cara. Duh!Read more

Bisnis

Uji Domain Mapping Malhikdua Berhasil

Alhamdulillah wa syukurillah. Di penghujung tahun 2017 kemarin saya bersama tim M2 Lab berhasil memasang fitur domain mapping di Malhikdua.com yang sebelumnya sempat mandeg karena kesalahan setting.  Apa itu domain mapping? Read more

Ekonomi

4 Tips Investasi Dana Haji Menurut Pakar Ekonomi Islam

Beberapa hari yang lalu, masyarakat kita rami sekali membicarakan tentang “Investasi Dana Haji”. Awal mulanya Pak Presiden Joko Widodo tepat pada tanggal 26 Juli lalu melantik Dewan Pengawas dan anggota Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) di Istana Negara. Pada saat pelantikan itu, Presiden Joko Widodo menyarankan bahwa dana haji harus bisa di Investasikan seperti halnya dengan Negara tetangga Malaysia dan Brunai.

Ada sebab ada akibat, Presiden tidak akan mengatakan hal demikian jika tidak ada sebab yang mendasar, ya mungkin salah satu sebabnya, saat beliau berkunjung ke Malaysia dan Brunai dan menemukan pengelolaan haji yang sangat bermanfaat bagi masyarakatnya, atau sewaktu Raja Salman berkunjung ke Indonesia, lalu beliau membisiki Pak Presiden,

“ Pak sampean kok durung duwe hotel Indonesia sendiri nang tanah suci ?  kok sampean kalah sama Malaysia karo Brunai yang Negaranya hanya seuprit’e Indonesia” ~ hust jangan dibawa serius, ini hanya perkiraan saya saja, dan ya jelas gak mungkin Raja Salman berkata dengan logat  bahasa Jawa seperti itu.

Kembali ke topic, Indonesia patut berbangga diri, karena Indonesia memiliki seorang pakar ekonomi Islam yang sudah menjadi panutan bagi seluruh dunia. Dia adalah Dr. Muhammad Syafii Antonio M.Ec, menjadi satu satunya  perwakilan dari  kawasan Asia Pasifik yang diberi amanat menduduki jabatan dewan komisaris IDB (Islamic Development Bank) atau Bank Islam Dunia. Melalui buah pikir beliau beberapa persoalan ekonomi di Indonesia terkhusus ekonomi Islam terselesaikan. Berikut adalah beberapa ulasan dari kutipan Syafii Antonio mengenai investasi dana haji :

Read more

Agama, Sinau

Metode Dakwah Wali Songo Sufi Nusantara

 

Karya : KH Masruri Abdul Mughni (Alm)

Dalam sejarah masuknya Islam ke Nusantara, Walisongo adalah perintis awal dakwah Islam di Indonesia, khususnya di Jawa, yang dipelopori Syeikh Maulana Malik Ibrahim. Walisongo adalah pelopor dan pemimpin dakwah Islam yang berhasil merekrut murid-murid untuk menjalankan dakwah Islam ke seluruh Nusantara sejak abad ke-15. Walisongo terdiri dari sembilan wali; Maulana Malik Ibrahim, Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Giri, Sunan Kudus, Sunan Drajat, Sunan Muria, Sunan Gunung Jati, dan Sunan Kalijaga.
Read more

Close