Alhamdulillah wa syukurillah. Di penghujung tahun 2017 kemarin saya bersama tim M2 Lab berhasil memasang fitur domain mapping di Malhikdua.com yang sebelumnya sempat mandeg karena kesalahan setting.  Apa itu domain mapping? 

Terjemahan kasarnya “Pemetaan domain”. Contoh sederhananya seperti ini: Saya memiliki alamat blog saefaz.malhikdua.com. Tentu saja buat beberapa orang domain ini kurang enak didengar dan agak sulit diingat. Kalau diberi pilihan lain, saya akan memilih nama yang lebih mudah diingat, misalnya saefaz.com. Nah, sekarang bisa. Artinya, ketika mengakses saefaz.com maka yang tampil isi dari saefaz.malhikdua.com. Sama sekali tidak terlihat bahwa itu blog saefaz.malhikdua.com. Keren kan! (sayang sekali, saat ini bukan domain saya yang dimapping, tapi domain caknov.com -sbg wujud thx kami – dan khuzanaanik.com karena mampu beli hahaha. Saya masih nabung dulu untuk beli domain)

Lebih lengkap manfaat domain mapping (di Malhikdua) sebagai berikut:

  1. Memudahkan dan mempersingkat penamaan blog sesuai keinginan. Umumnya, siswa/santri yang telah lulus enggan menggunakan blog Malhikdua karena ada embel-embel nama malhikdua dalam blog nya. Kan gak keci. Dengan domain mapping maka nama http://iussiangirl.malhikdua.com/ disulap menjadi http://khusanaanik.com/ . (–> pemilik blog ini adalah mahasiswa UGM)
  2. (mengacu pada item 1) maka jika yang menginginkan web baru dengan domain baru cukup menggunakan malhikdua.com sehingga anda tak perlu lagi membudget hosting baru. Hemat bukan. Cocok buat mahasiswa macam saya.
  3. Karena pada dasarnya isi web anda adalah blog anda sendiri yang ada di Malhikdua.com, maka setiap update web Anda secara otomatis terindeks di Laman Utama blog Malhikdua sehingga bisa terbantukan dalam promote.

Secara teknis, Domain Mapping bisa dilakukan oleh WordPress Multisite (platform yang digunakan blog Malhikdua) dengan bantuan plugin WordPress MU Domain Mapping. Bukan perkara mudah dalam memasangnya. Kami harus bolak balik konsul ke CakNov untuk implementasi. Awalnya saya kira cuma pasang plugins dan setting sana sini, tapi infrastruktur juga harus diganti yang membuat kami harus memaksa Caknov memindahkan server ke lokasi lain yang memadai untuk project ini.

Betewai, kapan domain mapping dijadikan layanan resmi Malhikdua? Tunggu saja tanggal mainnya yak. Nanti diinfokan. Masih perlu uji jalan beberapa minggu. Sederhananya, jika mau diwujudkan anda hanya cukup beli domain dan biaya mapping. Biaya-biaya yang muncul jangan dianggap untuk memperkaya kami loh. Berpikir logis saja. Sejak caknov menginisiasi pembentukan M2 Labs, saldo kas kami terus minus. Itu artinya masih banyak hutang yang belum terbayar. Hahaha. Soal ini akan saya ceritakan terpisah.

Facebook Comments